Selasa, 02 Februari 2016

PERBEDAAN


Perbedaan adalah hal yang sering kita temui di hidup kita. Bahkan kita dilahirkan ke Dunia ini dengan perbedaan yang ada pada ibu dan bapak kita. Perbedaan adalah suatu hal yang wajar dan bukan sebuah permasalahan yang berarti. Perbedaan adalah penguat persatuan dan keindahan dari sebuah kebersamaan. Berbeda? Semua manusia pasti memiliki perbedaan begitupula dengan mereka yang kembar. Namun tak jarang perbedaan menjadi faktor utama penyebab perselisihan.
Perbedaan seharusnya disikapi dengan rasa toleransi dan saling menghargai. Namun rasa toleransi itu seakan luntur dengan adanya pertikaian dan pertengkaran. Dan saling menghargai pun luntur seakan tak pernah ada. Keegoisan dan kesombonganlah yang membuat perbedaan itu terlihat buruk. Seseorang selalu menggangap diri mereka lebih baik dan orang lain. Sikap seperti itulah yang akan melunturkan nilai toleransi dan saling menghargai. Sadarlah tidak ada manusia yang lebih baik dari siapa dan yang lebih buruk dari siapa. Sebagai manusia sudah sepantasnya kita semua merendahkan hati untuk menerima perbedaan.
Mari kita mata kita lebar-lebar agar kita bisa mamandang luas suatu perbedaan. Mari kita rendahkan hati kita dan belajar menghargai orang lain. Janganlah kita melakukan sesuatu atas dasar kepentingan golongan atau pribadi saja. Mari kita rangkul semua bentuk perbedaan dengan persatuan.


persahabatan itu seperti sebuah lukisan yang indah
 karena perpaduan warna yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar