Selasa, 02 Februari 2016

Sebuah Kesabaran

            

            Sabar adalah menahan diri untuk menekan amarah. Sabar itu luas sabar itu memiliki banyak definisi dan artian. Sabar adalah sebuah kekuatan manusia. Dengan sabar manusia mampu menahan dirinya, menahan emosinya. Orang yang sabar adalah orang yang hebat. Setiap manusia memiliki tingkat kesabaran yang berbeda. Semakin dia sabar semakin dia kuat, karena sabar itu tidak mudah.
            Kesabaran itu bersifat fleksibel bisa ditempatkan dimana saja. Puncak tertinggi dari sebuah kesabaran adalah ikhlas. Sebab jika kita mampu membentuk hati yang ikhlas semua permasalahan kita menjadi lebih mudah. Untuk menjadi orang yang sabar itu tidak mudah karena, bersabar identik dengan mengalah. Terkadang pula kesabaran kita disalah artikan oleh orang lain. Bahkan kesabaran kita dijadikan permainan oleh mereka.
            Menyebalkan memang jika kesabaran kita dianggap sebuah mainan yang bisa dipermainkan. Namun begitulah, pada dasarnya semakin kita bersabar semakin berat ujian untuk kita. Tuhan selalu menguji kesabaran kita untuk mengetahui sejauh mana kita bersabar. Kesabaran itu seperti sebuah langit sangat luas tetapi manusia hanya bisa memandang satu sisi langit. Artinya kesabaran itu luas tak terhingga tetapi manusia hanya bisa memilikinya seperkecil dari bagian itu. Dan ketika keadaan terlalu menyakitkan dan memuakkan terkadang manusia tak mampu lagi bersabar.
Kesabaran memang tidak ada batasnya tetapi

setiap manusia memiliki titik lelah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar